Friday, July 11, 2008

Global Warming = Kredit Macet


Apa kaitan Global Warming ama kredit macet???

dan kenapa pula ada gambar ikan diatas???

Oke...gw crita dari awal yaa..gw baru aja nih nyampe di kantor, jam 9:50, gw kena sodor koran...rada basi seh , 9 Desember 2007, tapi isinya kok ya rada2 juga..(rada2 serem gtu)

"BUTON-Iritasi kulit, itulah penderitaan tersendiri saat berada di Kota Bau-Bau di Pulau Buton, Sulawesi Tenggara. Betapa tidak, hawa siang yang panas menyengat membuat tubuh tak henti berkeringat. Stasiun BMG Bau-Bau memang mendapati suhu di kawasan itu meningkat. Sejak 1980-an, suhu rata-rata sudah naik sekitar 3 derajat Celsius menjadi 30 derajat Celsius. Pada 90an naik menjadi 31 derajat Celsius, dan pada 2000an meningkat jadi 32 derajat Celsius."

ini nih dampak apa yang kita sebut sebagai global warming. Suhu naik, orang-orang kepanasan dan sakit kulit.

Tapi apa iya cuma sakit kulit doang (Ya Alloh...doang????)

seprti yang si Deddy Sinaga paparin selanjutnya (si Oom Deddy ini yang nulis artikel diatas), suhu naik selain bikin kulit merah-merah iritasi, juga bikin peramalan iklim kacow-balow. Nelayan-nelayan udah susah prediksi kapan mesti ngelaut dan kapan mesti engga.

Contohnya, pas bulan november salah seorang istri nelayan di Buton, sebut saja namanya Melati, punya rencana buat bikin ikan tongkol masak pedas buat 500 orang. Apa daya, ikan tongkol yang mestinya bejibun pas bulan november ternyata sepi dari peredaran. Bisa kebayang ga si Melati gagal masak yang berakibat 500 orang gagal makan ikan tongkol.

Ilustrasi diatas mungkin berasa becanda, tapi coba deh di rasionalitasin, nelayan di Indonesia kan jumlahnya lebih dari satu, kalo satu nelayan bener-bener bertugas kasi makan ikan ke 500 orang per harinya. Kebayang ga kalo ada 10,000 nelayan bernasib kaya suaminya Melati, berapa banyak orang ga makan ikan di satu hari itu saja.

Belon lagi nelayan-nelayan itu biasanya pada pinjem duit ke Koperasi sebelum ngelaut, buat biaya nyari ikan gtulah. Yang biasanya dibayar dengan hasil tangkepan mereka. Nah kalo hasil tangkepannya ga ada, mau bayar pake apa?Masa pake jaring

Jadilah...kredit macet di suatu hari yang cerah di Koperasi Dinas Kelautan dan Perikanan Pulau Buton..

1 comment:

WordOc's said...

ya ampun.. brilian banget. gak nyangka segede itu yah epeknya. mulai sekarang aku akan aware dech ama global warming. kasian petani-petani yang kreditnya macet